Menhub Budi Karya Dikabarkan Kembali Positif Corona, Ini Faktanya

JAKARTA – Juru bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, menegaskan kondisi terkini dari Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dalam keadaan sehat dan telah sembuh dari corona virus disease-2019 (Covid-19).

Hal itu Adita sampaikan menanggapi adanya pemberitaan yang menyebutkan Menhub kembali positif corona.

“Saat ini Menhub Budi Karya Sumadi dalam kondisi sehat dan telah aktif kembali sebagai Menteri Perhubungan sejak 27 April 2020,” kata Adita dalam siaran persnya, Sabtu (16/5).

Diakui Adita, pemberitaan tersebut menyesatkan dan berpotensi merugikan Menhub Budi Karya Sumadi.

Adita menjelaskan kepastian sudah sehat dan bebas Menhub Budi Karya dibuktikan oleh pernyataan Pihak RSPAD yang merawat Menhub.

“Pihak RSPAD yang merawat Menhub juga telah menegaskan bahwa hasil dua tes PCR terakhir juga membuktikan Menhub telah bebas Covid-19,” jelas Adita.

Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi dinyatakan positif Covid-19 pada 14 Maret 2020 dan menjalani perawatan di RSPAD.

Saat dirawat di RSPAD, Menhub menjalani tes PCR pertama dan hasilnya dinyatakan negatif. Namun, 15 hari kemudian Menhub dinyatakan positif setelah menjalankan tes kedua.

Sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19, pasien dinyatakan bebas Covid-19 jika dua kali tes PCR hasilnya berturut-turut negatif.

Kemudian, Menhub dinyatakan positif kembali, di mana saat itu masih dalam perawatan dokter RSPAD.

Akhirnya, pada 27 April 2020, Menhub Budi Karya dinyatakan sembuh oleh dokter Budi Sulistya Sp THT, Wakil Kepala RSPAD. (yud/jpnn)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More