Tanamkan Kecintaan Seni dan Budaya lewat Pagelaran

CIREBON – Mengembangan seni dan budaya jadi “makanan” SMPN 1 Waled, Kabupaten Cirebon. Selasa (10/3), sekolah dari wilayah timur Cirebon (WTC) itu kembali menggelar pagelara seni budaya dan bazaar. Bertempat di sekitar sekolah, Jln Dewi Sartika No 44 Waled, para siswa dan siswi SMPN 1 Waled dilibatkan. Acara tahunan tersebut berlangsung meriah dan diikuti dengan antusias oleh para siswa-siswi.

“Pagelaran ini untuk memenuhi ketuntasan belajar siswa-siswi dalam mata pelajaran Seni dan Budaya kelas IX,” kata Kepsek SMPN 1 Waled, H Subhan Leo SPd kepada Radar Cirebon.

Sejumlah acara pada pagelaran tersebut di antaranya adalah pameran seni lukis, festival music, tari, drama, serta bazaar.

Menurut Leo, tujuan pagelaran tersebut, selain untuk memenuhi nilai akhir mata pelajaran Seni dan Budaya kelas IX, juga melatih siswa-siswi untuk berekspresi dan berkreativitas dalam menumbuhkan rasa cinta budaya daerah. 

“Siswa-siswi dapat berapresiasi terhadap budaya Indonesia. Terutama cinta budaya daerah. Makanya, kami menggali terus potensi siswa-siswi tersebut,” terangnya.

Jika sejak dini ditanamkan rasa cinta budaya daerah, maka ke depan, diharapkan para siswa-siswi tidak melupakan kedaerahannya. Apalagi, saat ini banyak budaya asing yang mulai mengikis kearifan lokal di daerah. “Intinya, para siswa-siswi dibekali dengan kecintaan terhadap budaya dan seni daerah.

Pembimbing dan guru seni budaya kelas IX, Een Murtiyani SPd tahu persis di sekolahnya memiliki potensi seni budaya tradisional yang cukup berkembang. Maka, tak salah bila pagelaran seni dan budaya sebagai salah satu metode mencari potensi tersebut.

“Pagelaran seni dan budaya ini bukan hanya sekadar untuk bersorak-sorai bergembira, tapi ada esensi yang lebih mendasar terkandung di dalamnya. Yakni, seni dan budaya adalah bagian utama dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Pagelaran tersebut juga dihadiri pengawas seni dan budaya Kabupaten Cirebon, H Sutiyono SPd MM, unsur pemerintah Desa Waled Kota, komite sekolah, serta undangan lainnya. “Acara ini bagus untuk menanamkan kecintaan siswa-siswi terhadap kebudayaan dan seni daerah. Kami harap, siswa-siswi bisa menumbuhkembangkan budaya dan seni daerah jika nanti sudah menjadi alumni SMPN 1 Waled,” kata Sutiyono dalam sambutannya. (mid)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More