Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Oleh: dr Hj Irma Gamawati, MHKes

BERPUASA di bulan Ramadan adalah kewajiban bagi setiap umat muslim. Disadari atau tidak, puasa memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Diantara manfaat puasa tersebut adalah pertama, puasa dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan dan juga dapat menurunkan resistensi insulin, sehingga sensitivitas tubuh terhadap insulin meningkat dan transpor glukosa dari jaringan peredaran darah ke sel-sel tubuh semakin efisien.

Pada orang yang memiliki penyakit gula, mengontrol gula darah amatlah penting, karena baik lonjakan peningkatan maupun penurunan kadar gula darah dapat membahayakan tubuh. Dengan berpuasa apalagi rutin dilakukan, kadar gula akan stabil terjaga.

Kedua, berpuasa meningkatkan metabolisme melalui peningkatan kadar norepinefrin di dalam tubuh, sehingga terjadi penurunan berat badan. Penurunan berat badan terjadi melalui mekanisme pembakaran lemak menjadi energi dan penurunan kadar kolesterol. Penurunan berat badan akan berdampak baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah yang pada akhirnya juga memberikan efek yang baik untuk kesehatan jantung.

Namun, yang perlu diketahui adalah pada saat puasa tubuh kita banyak kehilangan cairan bukan masa tubuh secara keseluruhan oleh karena itu, pada saat berbuka puasa berat badan dapat kembali seperti semula. Sehingga, penting untuk tetap mengendalikan makan pada saat berbuka berpuasa. Kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung cukup energi seperti serat, protein, karbohidrat dan lemak dalam jumlah yang seimbang pada saat berbuka puasa. Pola makan yang sehat dan seimbang, serta asupan cairan yang cukup akan membantu menjaga berat badan.

Ketiga, meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat berpuasa, tubuh tidak bekerja untuk mencerna makanan sehingga organ-organnya cenderung berfokus pada fungsi tubuh vital lainnya, termasuk pembenahan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh cenderung mengeluarkan sel-sel yang rusak saat berpuasa yang bertujuan untuk mencari sumber energi.

Puasa dapat meningkatkan komponen sistem kekebalan tubuh yang penting seperti hormon pertumbuhan manusia dan sel darah putih. Selain itu, berpuasa dapat membuat sistem imun kita lebih siaga terhadap terjadinya infeksi dikemudian hari.

Keempat, pada penderita depresi atau stres, ternyata puasa juga dapat memberikan manfaat secara psikologis. Hal ini terjadi karena saat berpuasa, penderita stres dan depresi akan belajar untuk berkata tidak pada makanan. Itu merupakan langkah awal untuk mengambil kontrol penuh dalam hidupnya.

Selain itu, berpuasa di bulan Ramadan membuat seseorang tak hanya menahan lapar dan haus saja, tetapi juga menahan hawa nafsu lainnya, menjadi lebih bersabar, dan lebih tenang. Semua itu adalah hal-hal positif yang dapat membantu seseorang terhindar dari stres. Berpuasa memang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Semoga bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa.

Namun, jika kita memiliki kondisi medis tertentu, misalnya diabetes, ada baiknya tetap berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum berpuasa. Selanjutnya dokter tentu akan memberikan solusi yang tepat agar Anda juga tetap bisa mendapatkan manfaat puasa bagi kesehatan fisik dan mental. (*)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More