Membunuh Virus dengan Disinfeksi

Oleh: dr Ribud Anggoro

PENYEBARAN virus corona dapat dicegah dengan bila batuk atau bersin, tutupi dengan sapu tangan atau tisu, atau lengan atas; mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir; Mengkonsumsi makanan sehat dengan memperbanyak sayur dan buah segar; Menjaga kebugaran fisik dengan olahraga ringan; Memakai masker bila beraktivitas di luar rumah; Menjaga jarak fisik (Physical Distancing) dengan orang lain dan hindari kerumunan; Cukup istirahat; dan yang tidak kalah penting adalah membersihkan permukaan benda, terutama yang sering disentuh atau melakukan disinfeksi lingkungan.

Virus corona yang terbawa percikan dari batuk atau bersin penderita Covid-19 dapat menempel di permukaan benda-benda di sekitar kita. Dapat juga berpindah ke permukaan benda dari tangan yang mengandung virus. Virus corona dapat bertahan hidup di permukaan benda beberapa jam hingga beberapa hari.

Disinfeksi adalah upaya membersihkan mikroorganisme seperti kuman atau virus dari permukaan benda-benda menggunakan bahan-bahan disinfektan. Disinfektan hanya digunakan pada benda mati dan tidak boleh digunakan pada manusia atau makhluk hidup lainnya. Sedangkan untuk makhluk hidup digunakan zat antiseptik.

Desinfektan dapat dibuat dari bahan-bahan di sekitar kita seperti pembersih lantai dan pemutih pakaian. Namun, pencairannya harus memenuhi persyaratan yang direkomendasi WHO untuk menjamin bekerjanya zat aktif dalam membunuh kuman.

Untuk melakukan proses desinfeksi, sebaiknya kita melakukan sesuai tahapan sebagai berikut:

  1. Pastikan area yang akan didisinfeksi dalam keadaaan tidak ada manusia dan hewan.
  2. Kenakan APD lengkap, yaitu baju pelindung dengan penutup kepala, masker, kacamata goggle, sarung tangan sekali pakai, dan sepatu boot.
  3. Bersihkan terlebih dahulu area dan permukaan benda yang kotor menggunakan detergen atau sabun.
  4. Lakukan disinfeksi permukaan benda yang tidak datar seperti tiang, pegangan tangan, dll menggunakan lap flannel atau kain microfiber.
  5. Lakukan disinfeksi permukaan benda yang datar seperti lantai, meja, kursi, dll menggunakan penyemprot (sprayer).
  6. Lakukan disinfeksi benda berpori seperti karpet, permadani, tirai dengan cara mencuci dengan air bersih dan detergen.
  7. Setelah selesai, lepaskan APD. Bersihkan APD yang dapat digunakan kembali. Simpan peralatan di tempat yang aman. Buang masker dan sarung tangan sekali pakai ke tempat sampah.
  8. Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir.

Semoga bermanfaat. (*)

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More