Majalengka 14 Hari Nol Kasus Covid-19

bupati-majalengka-karna-sobahi
Bupati Majalengka, Karna Sobahi memberikan keterangan kepada wartawan. Foto: Ono Cahyono/Radar Cirebon
0 Komentar

Kabupaten Majalengka masih nol kasus positif Covid-19. Sudah berjalan 14 hari. Atau sejak 21 Juni lalu. Tapi, jangan lengah. Warga harus tetap waspada. Protokol kesehatan pencegahan Covid-19 berlaku secara ketat.

ONO CAHYONO, Majalengka
BUPATI Majalengka DR H Karna Sobahi MMPd tak mau terlena dengan status wilayah. Apakah hijau, biru, atau kuning. Bagi dia, kewaspadaan tetap ditingkatkan. “Mau di zona apapun, kita harus tetap waspada,” ujar bupati yang juga Ketua Umum Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Majalengka.
Meski secara umum belum ada perkembangan kasus baru, namun Karna meminta semua jajarannya tetap melakukan antisipasi pada setiap perkembangan yang terjadi. Di antaranya adalah memperkuat protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
Dengan memperkuat protokol kesehatan pencegahan Covid-19, bupati optimistis kabupaten Majalengka bisa terbebas dari Covid-19. Hingga kemarin, kata Karna, sudah 14 hari nol kasus Covid-19. Ia juga mengajak semua lapisan masyarakat Majalengka bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19.
“Kita berusaha bagaimana agar masyarakat tidak tertular oleh Covid-19. Karena kalau tertular dan sakit (dirawat, red) akan sangat memprihatinkan. Keluarga tidak bisa nengok karena pasien diisolasi. Apalagi sampai meninggal dunia, keluarga pun tidak bisa menyentuh hingga proses pemakaman. Jadi jangan sampai kita tertular. Jangan lupa pakai masker, cuci tangan, tetap jaga kesehatan,” pesan bupati, kemarin.
Sementara Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Majalengka H Alimudin SSos MM MMKes mengakui hingga kemarin masih nol kasus Covid-19. Situasi ini sudah berjalan 14 hari. Tapi, katanya, masih ada warga dengan status ODP. “Kalau hitung ODP keseluruhan 565 orang. Tapi 561 sudah dinyatakan bebas atau tak lagi dipantau. Jadi tinggal 4 orang masih dalam pemantuan,” ujar Alimudin, kemarin.
Sementara untuk PDP tinggal satu orang yang kini dalam perawatan di RSUD Cideres. “Sementara untuk kasus positif Covid-19 sampai saat ini (kemarin, red) tidak ada perkembangan atau masih tetap berjumlah 7 orang. Di antaranya 1 orang meninggal dan 6 orang lainnya sembuh,” bebernya.
Di samping itu, untuk OTG, baik yang masih pemantauan maupun selesai pemantauan tak berubah. Berjumlah 118 orang. Jumlah itu seluruhnya selesai pemantauan. OTG dengan riwayat kontak erat kasus positif antara lain di wilayah kerja Puskesmas Waringin, Kecamatan Palasah, Puskesmas Sindangwangi, Kasokandel, Loji Kecamatan Jatiwangi, Puskesmas Majalengka, Kadipaten, Jatitujuh, Margajaya dan wilayah Puskesmas Rajagaluh.

0 Komentar